Monday, December 12, 2011

Now, I'm a Full Cloth Diapering Mother

Holaaaa smart mommies, posting kali ini saya pengen nge-bahas tentang cloth diaper atau popok kain modern, kalau istilah kerennya clodi. Akhir-akhir ini, saya lumayan terusik dengan penggunaan diaper Aldi yang semakin banyak. Sebenarnya udah lama siy Aldi pakai clodi, bukan sejak lahir siy karena waktu itu belum trend dan mamanya kurang gaul kali ya. Sekitar umur 1 tahun ketika si popok ramah lingkungan itu booming, mama Aldi baru ngeh dan menggunakannya untuk Aldi, tapi tetap aja penggunaannya di selang seling dengan disposable diapers. Huaaa gimana siy mom?!!

Penggunaan dispo yang nyaman dan gak ribet yang membuat saya sulit beralih sepenuhnya ke clodi, kan sekali pakai jadi kalau udah kotor tinggal plung buang ke tempat sampah, beres! Tapi, sedih juga lihat tumpukan sampah yang berisi dispo Aldi yang gak bisa di reduce secara alami, bahkan dibakar pun elemen yang berfungsi untuk menyerap pee itu gak bisa dibakar. Ya Allah ikut andil deh menzalami bumi hikss. Tapi itu saja belum cukup 'menyadarkan' saya untuk full meng-clodi Aldi, astaghfirullah. Sampai akhirnya, kehadiran calon bayi dalam perut yang membuka mata hati saya, plak, seperti ditampar saya benar-benar menyadari arti pentingnya clodi. Yaa, seperti orang baru tobat deh rajin ibadah, sekarang saya jadi rajin beli clodi. Ini kolerasinya dimana ya?!! hahaha..



Ini TOP 5 alasan kenapa saya beralih SEPENUHNYA ke cloth diaper :
1. Save money!!! Secara anak udah mau dua gitu, gak kebayang berapa uang untuk dispo T_T
2. Nyaman di baby, stay dry dan bebas ruam karena terbuat dari bahan natural yang bebas bahan kimia
3. Ukuran one size bisa dipakai dari newborn sampai toddler, pas untuk Aldi dan adiknya
4. Bisa diwariskan ke adiknya, hemaaaaattt :)
5. Go green!! Mengurangi sampah dan ramah lingkungan. Gak lagi-lagi deh nyampah :(

Niat awal siy emang save money, biasa emak-emak hidup hemat bin ngirit. Gak kebayang aja kalau si adek udah lahir harus beli 2 pack disposable diapers, huaaa. Maunya juga dispo yang bagus kan untuk buah hati, biar kering dan bebas ruam dan itu pasti mahal! Coba kita hitung ya moms, kalau Aldi biasa pake Mam*poko ukuran L seharga 55 ribu isi 22 pcs, jadi rata-rata harganya 2500/pcs. Katakan sehari pakai 4 popok berarti sehari habis Rp.10.000, sebulan habis Rp. 300.000. Kalau 2 anak habis Rp. 600.000/bulan, setahun Rp.7.200.000!! *pingsan*

Kalau clodi, emang saya prefer yang impor ya moms, bukannya gak cinta produk dalam negeri cuma clodi impor (terutama USA) kualitasnya oke punya, saya udah nyoba berbagai macam clodi dan emang pasaran clodi masih dipegang USA. Tahan lama, bahan oke, nyaman dan gak bocor. Mahal emang, yaa ono rego ono rupo, ada harga ada barang. Jadilah saya nabung dan nyicil buat beli clodi-clodi itu. Katakanlah harga 1 clodi USA 250-300 ribu minimal punya 10 clodi, jadi budget kurang lebih Rp.2.500.000. Lumayan berat, tapi bandingkan dengan harga dispo, belinya juga jangan mak breg tapi dicicil satu-satu. Dan ingat, bisa diwariskan ke adek-adeknya lho, jadi jatuhnya tetap hemaaaatttt :)

Karena prinsip nyicil itu tadi, sejak hamil si adek, mommy Ocha pun nyicil beli clodi. Tapi, sekarang prinsipnya : beli clodi yang bisa untuk newborn tapi sementara adeknya belum lahir bisa dipakai si kakak. Haduuh emak-emak emang banyak maunya!! hahaha.. Pilihan satu-satunya adalah jenis clodi one size yang bisa dipakai dari berat 3,5 - 15 kg. Dan karena newborn itu pup-nya sering, sehari bisa sampai 5 kali, paling ideal pakai clodi model cover diaper yang dikombinasi insert atau prefold. Prefold itu sejenis kain yang dilipat (hampir sama kayak popok kain tradisional) kemudian ditutup diaper cover biar rapi dan kece tentunya. So, kalau baby-nya pup tinggal ganti insert/prefold-nya aja, iriiiittt :D

Jadilah saya beli tipe one size cloth diaper model diaper cover. Tapi tetap saya kombinasi dengan pembelian yang model pocket diaper, lebih suka aja. Semua tergantung selera ya moms. Nah, sebelum membeli alangkah baiknya mommies pelajari betul seluk beluk si clodi, karena emang gak sedikit uang yang dikeluarkan ‘hanya’ untuk membeli 1 clodi. Baca-baca review dari mommies-mommies lainnya yang sudah duluan pakai, baru diputuskan untuk membeli. Bisa juga dengan melihat video cara pemakaian clodi tersebut di youtube, ini sangat membantu karena performa clodi tampak nyata gak seperti di gambar.

Mengenai review clodi, buat sekedar tambahan masukan untuk para mommies edisi depan, posting mommy Ocha akan bercerita seputar clodi-clodi mas Aldi. Namanya review ya moms jadi  personal opinion and based on self experience, tiap mommy pasti berbeda penilaian satu sama lain. Oiya, sekedar tips, sebelum membeli clodi selain membaca review, hunting dulu online shop yang lagi diskon, lumayan moms ngurangi budget, ada juga yang menjual secara paketan atau paket hemat beberapa jenis clodi, ini juga lumayan buat save money hehehe. Teteeuuup prinsip ekonomi yang kita junjung :)

So, tunggu apalagi, this kind of diaper is worth it, hemat, nyaman, gampang dipake, lucu dan ramah lingkungan. Happy cloth diapering mommies ^_^

1 comment:

  1. Halo mommy ocha..mau nanya clodi ni...beli clodi yg murah dmn? Prnh nyobain clodi coolababy ga? Ada saran ga utk bayi 2 bln berat 5 kg cocoknya pake clodi merk apa? Trus utk penggunaan siang n mlm gmn? Sori ni pertanyaannya byk..selama ini pake disposable diapers sih..

    ReplyDelete