Tuesday, December 13, 2011

Botol UC 1000 dan Tutup Botol Pulpy


Saya lagi nggak promosi atau jualan lho moms hehehe. Cuma lagi punya hobi baru niy, ngumpulin barang-barang itu. Yup, ngumpulin botol-botol UC 1000 bekas dan tutup botol minuman kemasan merk Pulpy. Saya gak nyampe mulung lho moms hehe, tapi kebetulan dirumah pada suka konsumsi kedua jenis minuman tersebut. Ya sudah, tinggal kumpulin aja deh. Jadi buat apa niy ngumpulin sampah-sampah minuman itu? Bukan, bukaaan mereka bukan sampah tapi reusable materials! Mau mommy Ocha pake buat nyimpan ASI perah (ASIP) buat persiapan si adek besok. Yeah, eventhough she/he is still 5 months in my tummy, being prepared is much better.

Ya, botol UC ini udah tenar banget untuk penyimpanan ASIP di kulkas/freezer. Berhubung mas Aldi dulu gak pake acara ASIP-ASIPan. Maklum, dulu minim ilmu tentang ASIP, cara perah, cara nyimpan, cara nyajikan, dsb huff.. Jadinya mommy Ocha gak kerja dulu, full ASI utk mas Aldi. Tapi sekarang hamil si adek, mommy Ocha harus lebih pintar donk. Masalah nanti kembali kerja lagi atau sekolah (aamiiin) atau tetap jadi full time mom, urusan nanti. Sekarang mari kita kumpulkan botol dan tutup ASIP sebanyak-banyaknyaaa.

Dari dinyatakan hamil sampai sekarang, berarti udah 5 bulanan, sudah terkumpul sekitar 40 botol, alhamdulillah, ngiriiiittt hehehe. Dulu cuma ngumpulin si botol aja, berhubung tutupnya dari besi dan gak mungkin dipakai karena pasti karatan, rencana beli tutup plastik ulir yang banyak dijual di online shop. Tapi iseng-iseng habis Papa Aldi minum Pulpy, saya coba tutupnya di botol UC dan ‘klik’ bisa rapet, yeaaay tambah hemaaattt :)

Tapi ternyata gak semua tutup minuman kemasan pas sama si botol UC, sejauh ini yang pas siy tutup Pulpy, Coca-Cola, Sprite, Fanta. Pernah nyoba tutup NU Green Tea, Pocari Sweat dan Aqua (iseng banget ya) gak cocok mommies. Jadilah, saya hunting tutup Pulpy, karena termasuk minuman favorit dirumah, kalau softdrink jarang banget ada yang minum.

Setelah terkumpul sebanyak 30-an botol, akhirnya proses sterilisasi dimulai, kalau steril-in satu-satu males moms huhu. Proses steril : Pertama, merendam botol dan tutup di air panas yang dicampur dengan sabun cuci khusus bayi (kalau saya pakai Sleek) semalaman, atau 5-6 jam. Setelah direndam, merk UC 1000 nya dikletek, gampang banget koq moms karena udah direndam tadi, cukup pakai sikat lepas deh stiker merknya. Setelah semua bersih, bilas lagi sampai air sabun hilang. Selanjutnya proses steril dengan direndam dalam air mendidih (di atas kompor) selama 10-15 menit biar kuman-kuman pada mati. Angkat, keringkan dan siap dipakai.

Misal mommies jarang mengkonsumsi UC 1000 dirumah, bisa juga woro-woro ditempat kerja, ke tetangga atau saudara yang sekiranya punya botol-botol tersebut, lumayan, budget bisa untuk kebutuhan lainnya hehehe. Tapi kalau emang gak ada, beli secara online udah banyak banget dan murah. Bisa juga pakai botol kaca bekas selai atau kalau mau praktis lagi pakai disposable plastic khusus untuk nyimpan ASIP. Semua makin mudah sekarang moms.

Sekarang, botol ASIP si adek udah terkumpul sekitar 40-an dan masih terus nabung, semoga bisa nembus angka 100 atau lebih. Siapa tau, ada teman yang butuh juga. Tapi yang terpenting dan menjadi doa saya, semoga botol-botol tersebut kelak benar-benar terisi oleh ASIP semua, dan bisa mencukupi kebutuhan ASI si adek sampai S3 ASI, aamiiin. Ayo mommies semangat breastfeeding bahkan sebelum si kecil lahir, persiapkan segala sesuatunya agar hak mereka tercukupi kelak. Dan buat para mommies jangan kawatir ada pahala besar sebagai ganjarannya. Insya Allah :)


**Sorry ya banyak nyebut merk, just for sharing & educating, no promotion at all!

9 comments:

  1. moms.. kalo proses steril tutu[pnya gimana mom??? di rebus juga kah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya direbus juga Mom.. Tetapi tidak selama botol kaca, sebentar aja karena bahannya plastik :)

      Delete
  2. Skrg masih ada botolnya mom? Kalau masih ada q mau dong beli. Uda ga dipake lagi kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanallah, mohon maaf Mom kebetulan sudah dihibahkan sebagian, dan sebagian mau saya pakai kembali karena ini lagi hamil ketiga.. Semangat ngASI ya Mom :*

      Delete
  3. Mom, yg tutup botol nya bisa berkali-kali disteril? dan digunakan berkali-kali?

    ReplyDelete
  4. Terimakasih Sudah menginspirasi, tapi sekarang tutup botol buatan coca cola company Sudah dirubah bentuknya jadi nya Sudah tidak pas lg dgn botol you c 1000. Sangat disayangkan yah Mom

    ReplyDelete
  5. akhirnya misteri kenapa teman saya ngumpulin botol2 bekas uc1000 terjawab 😅

    ReplyDelete
  6. Kok nggak mau ya mom, tdi udh di coba pke tutup btol sprite

    ReplyDelete