Sunday, January 22, 2012

Steamboat and Chinese Cuisine


Gong Xi Fa Cai! Selamat tahun baru Cina bagi yang yang merayakan. Walau gak ikut merayakan, mommy Ocha senang banget dengan suasana ala-ala Cina yang bertebaran di pusat perbelanjaan seperti mall dan supermarket. Suasananya langsung merah dengan taburan huruf-huruf cina dan lampion. Ouch I adore lampion. Mbak dan mas pelayannya juga berpakaian ala orang Cina, peduli amat kulit mereka hitam legam yang penting dandan ala cici-cici dan kokoh-kooh hehehe. Barongsai juga menambah ceria imlek disini. Wondering, suasana imlek di Cina gimana ya, pasti seru deh. Secara di Indonesia aja dengan populasi Tionghoa yang gak begitu banyak aja lumayan meriah. Hmm, sekali-sekali melancong ke Cina pas Imlek gini seru kali ya *lirik suami*


Di Indonesia sendiri, penduduk Tionghoa lumayan banyak, terlihat dari banyaknya kampung-kampung Cina yang tersebar. Teman-teman saya juga banyak yang asli Tionghoa, masih kental berbahasa Cina juga, keren. Ada juga yang udah blesteran sama pribumi. Tapi yang paling aku suka dari kehadiran teman-teman Tionghoa diantara kita adalah kulinernya!! I love Chinese cuisine. Aku doyan banget makanan Cina, dari yang sederhana seperti capcay, fuyung hai, ayam cah jamur yang banyak dijual di kaki lima sampai yang dijual di restoran seperti steamboat. Yummy!

Kami sekeluarga punya restoran Cina favorit namanya Sumpit Mas disana dijual beraneka ragam masakan Cina, dan menu favorit kami adalah steamboat. Bagi yang belum tau atau belum pernah kuliner steamboat atau bahasa inggrisnya Hot Pot, kuliner ini unik karena cara makannya sedikit berbeda. Jadi, ditengah meja ada semacam kompor gitu untuk menaruh priuk berisi kaldu atau kuah tom yam, setelah ditaruh dan api dinyalakan, kuah tersebut ditunggu sampai mendidih. Setelah mendidih, bahan makanannya dicemplungin deh kedalam sampai matang. Bahan makanannya ini beraneka ragam seperti sayuran, mie, bakso, jamur, udang, kepiting dan sebagainya. Kalau udah matang, disantap deh dengan nasi pulen dan saos. Waduuh, tiba-tiba saya jadi ngidam steamboat niy hehehe, boleh juga merayakan Imlek disana.

Steamboat ala Sumpit Mas

Oke deh, selamat merayakan Imlek ya mommies, saya mau ngerayu suami saya dulu, kasian si adek kalau ngidamnya gak kesampaian (alasan!) hehehe. Semoga di tahun Naga Air yang katanya penuh peruntungan ini benar adanya ya. Lancar jaya dan sukses untuk karir, kesehatan, rejeki dan jodoh, aamiin. Saya juga udah gak sabar nunggu li'l dragon dalam perut saya, doakan sehat, sempurna dan hoki ya seperti shionya kelak :)

No comments:

Post a Comment