Wednesday, January 4, 2012

Review Clodi : Econobum

Setelah mencoba NVme, saya mencoba isi paket yang lain yaitu Econobum. Saya beli Econobum Ribbit, warna putih dengan pinggiran warna hijau, semua warna putih siy yang membedakan emang jahitan dipinggirnya. Clodi keluaran USA ini agak beda sama yang lain karena pembelian sepaket tidak disertai insert tetapi prefold, ada 3 prefold yang membuat saya agak kebingungan karena gak pernah pakaikan untuk Aldi. Karena Aldi udah toddler maka kegunaan prefold ini diganti sebagai insert, jadilah saya belajar melipat-lipat kain prefold-nya. Sekilas emang gak chic banget ngelihatnya, tapi oke juga. So, mari kita review!




First Sight : Wow tipis banget diapercover-nya, tapi prefold-nya haduh gede banget deh, warnanya butek lagi. Agak ilfil emang diawal. Jahitannya juga gak serapi clodi USA lainnya. Agak kebingungan juga lihat kain prefold secara gak pernah lihat, pegang apalagi pakai. Agak ribet niy batin saya. Tapi don't judge a book by it's cover. Ternyata clodi ini oke punya :) 

Cover : Tipis banget, trim, dibanding NVme dan Flip paling tipis deh. Tapi setelah digabungin dengan prefold-nya sama aja secara prefold-nya tebal banget. Covernya waterproof, jahitan bagian paha walau gak terlalu rapi tapi elastis dan fit  banget sama paha anak. Termasuk one size cloth diaper jadi bisa diatur S-L, cutting sedang gak sebesar MMK atau HH tetapi gak sekecil FB. Snap-nya kuat, gak se-ringkih NVme, ada 3 adjustable snap untuk ngatur ukuran pinggang. Kalau Aldi udah agak-agak mepet, pakai ukuran paling besar. Ya, kan emang diniatin buat adek bayi juga nantinya hehehe. Gak ada pocket kecil didepan untuk naruh insert (kalau untuk toddler, prefold dibentuk jadi insert) seperti pada Flip/NVme jadi cuma ditaruh gitu aja. Jadi insert harus dibuat seukuran lebar clodi biar pas dan gak lari-lari.

Prefold : Haduh ini yang namanya prefold. Bingung euy, mana segede gaban. Mungkin karena kaum bule gede-gede kali ya, saya cuma gak bisa ngebayangin si adek besok dipakein prefold Econobum, apalagi kalau masih newborn, haduuh pasti kelihatan gedean clodinya hehehe. Dalam satu paket disertai 3 prefold, kualitasnya jangan tanya, walau saya gak pernah lihat prefold lainnya tapi prefold Econobum termasuk high quality, dipegang lembut banget, daya serapnya juga oke, cuma warnanya butek karena terbuat dari tanaman hemp. Karena bahannya natural dipakein tanpa inner gak masalah, langsung kena kulit juga gapapa. Prefold ini makin di cuci makin lembut dan daya serapnya makin sip.

Setelah dipakai...
View : Lumayan bulky bukan karena diapercover-nya, tetapi karena prefold-nya yang tebal. Apalagi kalau prefold dibuat insert itu dilipat jadi 3, udah tebal makin tebal deh. Tapi walau kelihatan bulky, nge-pas aja di body Aldi, sejauh ini insert gak pernah keluar, paling geser-geser dikit bagian depannya. Bagian dalam emang gak bisa rapi karena gak ada kantong kecil tempat insert kayak Flip atau adjustable snap cover-insert kayak NVme.

Performa : Sejauh ini gak pernah bocor, walau model diapercover juga gak pesing dari luar. Tahan lama karena prefold hemp, cuma gak berani pakein Aldi di malam hari, secara dia resek banget kalau tidur jadi model diapercover bukan pilihan. Ini clodi andalan Aldi untuk siang hari, walau kena poo gak sampai keluar walau gak ada poo-poo catcher, prefold juga gampang banget dibersihkan. Kalau dicuci, diapercover dalam sekejap kering tapi untuk prefold-nya lumayan lama.


Level suka : Suka, tapi gak pake banget, karena saya emang bukan pecinta clodi model diapercover apalagi dengan penggunaan prefold yang perlu lipat-lipat (dasar malas!), tapi ini termasuk clodi diapercover yang recomended. High quality material, body fit and no leak. Asal mau sabar aja lipat-lipat prefold dulu sebelum dipakein ke anak hehehe.

SCORE : 8

   

1 comment:

  1. Hai mommy ocha, salam kenal saya marie, mau info ni, kebetulan saya pecinta berat clodi tipe cover dan prefold krn praktis dan daya tampungnya mantab, kalo mba penyuka clodi tipe ini ada brand lokal tipe cover yg highly recommended, nama merknya mirip sama econobum, he.. merk ECOBUM, tp ecobum merk lokal, modelnya spt cover caprinya blueberry snap pinggang 2 baris dengan 2 PUL flap inside so no leaks & quick dry. PUL nya mirip BB deluxe, snapnya kuat banget, desainnya pas diperut dan di paha jd no leaks, klo cover biasanya kan double leg gussetnya warna senada dr bahan yg sama dengan leg gusset/ lis tepi yg agak keras, nah klo ecobum ni elastic double leg gussetnya lembut lentur nyaman dan bener2 pas di paha jd no leaks, ga bocor sama sekali meskipun dipake bobo, satu2nya clodi cover lokal yang dipaketin sama prefold yg kualitasnya g kalah bagus sm merk2 USA, size prefoldnya onesize premium dan menurutku smart fit sizenya seperti imagine smart fit prefold, klo dipake sbg soaker pad bener2 pas di cover slim ga bulky g ngangkang krn panjangnya pas, boleh mampir mb ke blog aku ttg review covernya ecobum di http://clodireview.blogspot.com/2015/05/review-clodi-cover-ecobum-praktis-dan.html

    ReplyDelete