Friday, January 6, 2012

Fetal Movement

Memasuki 6 bulan kehamilan kedua saya, saya semakin excited menunggu kehadiran buah hati kami yang kedua. Haduh punya Aldi aja kami udah sangat bahagia, apalagi ditambah adeknya kelak, Subhanallah.. Keberadaan si adek perlahan-lahan sudah mulai terasa, terutama oleh saya ibunya, gerakan janin atau yang kita kenal sebagai Fetal Movement sudah terasa sejak 16 minggu kehamilan saya.

Minggu-minggu berjalan, semakin besar si adek, gerakannya pun semakin terasa kuat di dalam rahim saya, ini yang saya sebut salah satu mukjizat yang Allah berikan kepada saya. Sujud syukur, subhanallah, alhamdulillah saya diberikan kesempatan untuk merasakan proses menjadi ibu yang sangat luar biasa. Beruntung menjadi wanita yang pernah merasakan ikatan batin dengan anak melalui gerakan-gerakan mungil dalam perut. Indah sekali!


Berbeda dengan Mas Aldi dulu yang Mama baru merasakan fetal movement-nya di usia 20 minggu, si adek terasa di usia 16 minggu dan lebih aktif! Saya dan suami suka bercanda, gimana ya kalau keluar juga dia lebih aktif daripada Aldi, haduuh secara Aldi aja udah superaktif hehehe, pasti heboh dan seru banget rasanya.


Bagi, new mother mungkin gak terlalu ngeh  ketika gerakan janin pertama dirasakan. Sama, dulu waktu hamil Aldi juga saya gak aware sampai perut terasa kedutan dan ternyata oh ternyata itu gerakan bayi saya. Diawal, rasanya emang seperti diklitik-klitik dari dalam perut atau seperti ada kupu-kupu dalam perut, istilahnya butterfly sensation. Ada juga yang mengibaratkannya seperti ada bubble dalam perut yang meletup-letup (bubbling). Setiap ibu berbeda, tetapi semua sepakat ketika pertama merasakannya pasti geli-geli, lucu gimanaaa gitu, pokoknya amazing!


Fetal movement atau gerakan janin ini juga sebagai penanda kesejahteraan janin. Kalau dia bergerak aktif itu menandakan dia baik-baik saja. Tapi bukan berarti dia harus bergerak seharian, ada kalanya dia aktif juga ada kalanya dia diam. Waktu terbaik untuk mengamati gerakan janin adalah pada malam hari saat mommies berbaring santai. Atau, pagi hari ketika bangun tidur, terutama yang sudah memasuki trimester ketiga.

Gerak bayi yang berkurang merupakan sinyal peringatan akan adanya gangguan kesejahteraan janin. Oleh karena itu, mommies perlu aware tentang peringatan awal ini, dengan melakukan hitungan gerakan janin atau FETAL MOVEMENT COUNT. Ini adalah cara menghitung gerak janin yang dapat dilakukan oleh ibu untuk memantau kesehatan bayi yang dikandungnya.

Ada berbagai cara perhitungan Fetal Movement Count, namun yang umum digunakan adalah cara Cardiff dan Sardovsky. Ini saya kutip dari blog dr. Didi Kusumarjadi, Sp. OG. Berikut cara-caranya :

1. CARDIFF (COUNT TO TEN)
Cara ini dilakukan dengan menghitung gerak janin sampai hitungan ke 10. Dilakukan sambil tetap melakukan aktifitas sehari-hari, baik dirumah ataupun dikantor. Penghitungan dihentikan jika sudah mencapai 10 gerakan yang artinya kondisi bayi ibu oke. Biasanya dalam kondisi normal maka gerakan bayi akan banyak jumlahnya. Kalau belum mencapai hitungan 10 setelah 12 jam, maka segera periksakan diri ke Sp.OG untuk pemeriksaan CTG (CardioTokoGrafi) (= Non Stress Test (NST) ) yaitu merekam pola denyut jantung bayi dan pemeriksaan USG.

2. SARDOVSKY (FOUR IN ONE HOUR)
Cara ini dilakukan dengan tidur miring ke kiri, lakukan hitung gerak janin selama 1 jam. Jumlah minimal gerakan 4 kali dalam satu jam. Jika gerakan kurang dari 4 kali maka dianjurkan minum segelas air manis (syrup), satu jam kemudian lakukan hitung ulang dengan cara yang sama. Jika hasilnya tetap kurang dari 4 segeralah memeriksakan diri untuk dilakukan CTG dan USG.

3. DENGAN GADGET : KICK TRACK
Gadget ini banyak dipakai oleh selebritis Amerika seperti: Jennifer Lopez, Gwen Stefani dan Nicole Kidman. Dengan alat portable ini diharapkan 10 gerakan dalam 2 jam.

Kapan sebaiknya penghitungan mulai dikerjakan? Mulai usia hamil 28 minggu untuk yang low-risk dan 24 minggu bagi yang high-risk. So, luangkan sedikit saja waktu mommies untuk kontrol kesejahteraan janin mommies. Karena konon, ibulah yang paling mengerti keadaan buah hatinya bahkan ketika masih dalam kandungan ^_^

No comments:

Post a Comment