Thursday, May 19, 2016

Family Rafting at Sungai Elo Magelang

Akhir-akhir ini posting mengenai personal life mulu ya Moms.. Boring deh ya dengerin Mommy Ocha ngeluh curhat mulu hahaha.. Baiklaaahh, kali ini mau sharing tentang kegiatan rafting yang beberapa minggu lalu saya sekeluarga nikmati. 

Jadi ceritanya, saya dapat rejeki lah ya diajakin rafting sama mertua bersama Yayasan bimbingannya, ada 'kursi' kosong sehingga kami sekeluarga diajak (yeay! urusan gratisan pasti mommies pada suka kan hahaha). 

Arung jeramnya berlokasi di Sungai Elo Kabupaten Magelang. Karena saya 'diajak' mohon maaf, urusan biaya akomodasi saya kurang paham ya mommies, tapi sepengetahuan saya harga paket  berkisar antara 500-600 K per orang (?), nama agen travelnya pun mohon maaf saya juga gak tauuu T_T. 


Singkat cerita, kami bersama rombongan berangkat ke Magelang, menempuh perjalanan kurang lebih 4 jam. Sampai di Hotel Atria sekitar jam 8 malam, setelah 'bersih-bersih' kami makan malam bersama, dan kebetulan pas malam minggu jadi ada hiburan gitu deh di hotel, ada juga yang lagi kawinan jadi emang suasana hotel malam itu cukup ramai. Review hotel; untuk ukuran hotel bintang empat, kamar standarnya cukup luas, bersih dan nyaman, makanannya pun lumayan enak, tapi yang paling juara dessert-nya, nagiiihhhh banget hehe.
 
Keesokan harinya, kami dijemput oleh agen wisata sekitar jam 7 pagi, setelah rombongan selesai sarapan. Kami dijemput menggunakan angkot, anak-anak semua saya ajak termasuk baby Zidan. Karena kabarnya lokasinya kids and baby friendly. Kami semua happy (cenderung norak) naik angkot, karena ini pengalaman pertama anak-anak naik angkot hehe. Perjalanan menuju sungai Elo dari hotel kurang lebih 15 menit.

Sesampainya di lokasi, saya sedikit kecewa karena ternyata lokasinya tidak nyaman untuk anak-anak (apalgi bayi) untuk menunggu, kalau mau yang nyaman di tempat finish-nya. Oke, salah komunikasi, daripada si Zidan harus ke tempat finish dan menunggu kami 2 jam rafting, akhirnya dia balik ke hotel bersama pengasuhnya (untung sudah menyiapkan ASIP semalam). 

Surprisingly, arung jeram ini aman untuk anak-anak, jadilah Aldi (6y) dan Vina (4y) ikut rafting, bersyukur tadi baju renang anak-anak saya bawa. Sekedar informasi, Sungai Elo ini kategori level 1 untuk rafting, jadi yaa emang untuk keluarga dan pemula. Untuk yang masih muda mungkin kurang 'menantang' (buat saya dan suami pun demikian) akan lebih seru di level 2 ya. But, isn't this a family trip, jadi nikmati sajaaaa :))



Setelah menggunakan perlengkapan keamanan (helm dan pelampung), menitipkan barang berharga kepada tim pemandu, mengambil dayung masing-masing, dan mendapat safety breaking dari para pemandu juga tak lupa berfoto bersama, mari cuss berangkaattt. Masing-masing boat, diisi 6 orang bersama 1 pemandu. Saran saya sebelum berangkat, ke toilet dulu (daripada 'mengotori' sungai haha), melepas alas kaki (nyeker, daripada sepatu basah), dan bagi yang membawa kamera bisa dititipkan ke tim, biar bisa difoto sama mereka saat arung jeram, sayang kan kalau gak diabadikan. Dan yang terpenting, jangan lupa berdoa!

Boat saya diisi, saya, suami, Aldi, Vina, keponakan, Mama dan Papa mertua, plus pemandu tentunya. Cuaca hari itu cerah, arus sungai tidak terlalu deras, pas deh ya. Karena saya belum pernah bermain arung jeram sesungguhnya (kecuali di Dufan :p) biasalah emak-emak lebay, ada jeram sedikit teriak dan cerewet nyuruh anak-anaknya pegangan kuat, padahal mereka sendiri wolesss. Berisik sendiri sih, tapi serunya arung jeram ya emang dibawa teriak ya Moms, segala beban dan stres hilang sementara hehe..

Arung jeram di sungai Elo ini sejauh 12 Km, sekitar 2 jam kita berarung jeram. Serunya arung jeram bersama rekan lain adalah, perang air ditengah sungai, saling membasahi temannya, bahkan pemandunya pun ikut basah-basahan hehe. Di tengah perjalanan kita akan istirahat dulu di pinggir sungai, di semacam gubuk gitu, sambil disuguhi mendoan panas dan es kelapa muda, asik kaannn ;)


Setelah cukup beristirahat (dan foto-foto), lanjut setengah perjalanan kembali. Disepanjang arung jeram kita akan menikmati pemandangan alam yang fantastis, beberapa masyarakat yang memancing dan hewan-hewan kecil yang belum pernah kita temui sebelumnya. Ini liburan edukatif juga untuk anak-anak, selain melatih keberanian dan kerja tim buat mereka.

Sesampainya di garis finish, ada tempat pemandian dan joglo untuk beristirahat, barang-barang kita pun sudah sampai disana. Setelah mandi, menunggu rombongan lain, pamit dengan Mas Pemandu yang asik-asik banget, rombongan kembali ke hotel. Wow! What a great experience :)))

Bagi saya pribadi, wisata arung jeram di sungai Elo asik, karena ternyata Aldi-Vina bisa ikut, yang semula saya kira hanya menunggu garis finish. Jadi, kalau berniat mengajak anak-anak rafting  di sungai Elo jangan lupa bawakan baju ganti ya Moms. Untuk 'tantangan' jeramnya emang kurang menantang untuk jiwa muda umur 17 tahun seperti saya hahaha. Tapi, wisata arung jeram ini ditujukan untuk keluarga, termasuk anak-anak dan kakek-nenek. Aman dan fun deh, insya Allah.

Alhamdulillah, pulang ke rumah setelah rafting seperti membawa semangat baru, badan lumayan pegal, tapi tidak terlalu mengganggu. Senangnya, anak-anak pulang membawa pengalaman dan cerita baru. Semua happy, happy Mama, happy Daddy and happy Kids. Yes, we're a happy FAMILY! <3

2 comments:

  1. Amazing
    Loved reading it
    See this for more lovable stuff-
    http://freeprintablecalendar123.com/2017/01/03/january-2017-calendar-holidays/
    http://freeprintablecalendar123.com/2016/11/19/2017-printable-calendar-blank-templates/
    Thank You

    ReplyDelete
  2. ada ngga paketan ketempat ini bareng keluarga ?

    salam

    lanjutkan

    ReplyDelete