Friday, February 17, 2012

Home Treatment Batuk Pilek Pada Anak

Aldi lagi jemur matahari pagi
Udah beberapa hari ini Aldi batuk, sedih rasanya. Ya, apalagi yang membuat hati orangtua sedih selain melihat anaknya sakit, rasanya pengen kita aja gitu yang gantiin rasa sakitnya. Hiks. Sebelum memutuskan untuk menggunakan berbagai macam obat kami lebih prefer untuk home treatment dulu. Alasannya? Penyebab batuk pilek pada anak itu kebanyakan karena virus dan akan sembuh dengan sendirinya (self limiting disease) dilawan oleh kekebalan tubuh. Dan menggunakan obat, yang notabene dari bahan kimiawi, kalau kata orang awam itu 'racun' saya mending sabar dengan proses home treatment dulu deh. Ya, syarat home treatment ini harus sabar, walau Gusti rasanya gak kuat lihat si kecil grok-grok karena sakit :(

 Ini home treatment yang biasa dilakukan mommy Ocha kalau Aldi lagi batuk pilek:
  1. Jemur matahari pagi. Ciptaan Allah ini paling ampuh meredakan batuk-pilek Aldi, sayang sekarang mendung terus, jadi gak ada sinar matahari deh. Waktu berjemur antara jam 06.30-09.00 pagi, dimana sinar matahari lagi bagus untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Jangan kesiangan selain panas terik, sinar UV-nya udah gak bagus buat kulit. Caranya : buka baju anak, jemur bagian dada selama kurang lebih 10 menit, lalu gantian bagian punggungnya. Untuk bayi siy masih enak ya moms anteng, kalau Aldi saya ikat di stroller sambil dikasih mainan biar gak bosan. Kalau lagi mendung gini, bisa pakai alat infrared dengan cara yang sama juga. Oiya, syaratnya JANGAN dilakukan pada bayi/anak yang sedang demam!!
  2. Perbanyak asupan cairan. Kalau masih ASI teruskan, cairan hidup ini banyak mengandung antibodi yang akan membantu menyembuhkan si kecil. Kalau anak, beri air putih, paling oke ini sebagai pengencer dahak. Tapi kalau susah boleh diganti cairan lain seperti sirup dan jangan dingin ya moms.
  3. Terapi uap. Terapi ini tujuannya mirip-mirip terapi nebulizer atau penguapan yang dilakukan di RS agar saluran nafas anak menjadi lega. Caranya : dalam ruangan tertutup, siapkan sebaskom air mendidih yang ditetesi minyak kayu putih dan taruh di pojok ruangan. Lebih baik dilakukan saat anak tertidur, diamkan selama 10-15 menit. Uap tersebut akan terhirup oleh si kecil dan akan melegakan pernafasannya.
  4. Atasi keluhan. Bila demam > 38 dc berikan obat penurun panas. Bila hidung tersumbat dan mengganggu tidur, tetesi hidung dengan cairan NaCl 0.9% (breathy). Oleskan transpulmin baby balsam tipis-tipis pada dada anak untuk menghangatkannya. Dan agar nyaman, tidurkan anak dengan posisi bantal agak tinggi.
  5. Beri makanan yang sehat dan bergizi. Walau anak yang sedang sakit itu susah sekali makan, jangan menyerah untuk memberikan mereka makanan instan yang kaya MSG ya moms. Berikan makanan rumahan yang sehat dengan sabar dan telaten. Beri sayuran dan buah-buahan segar untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Dan jangan banyak berharap dia akan makan dengan lahapnya ya moms, kan lagi sakit.
  6. Ciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Bersihkan kamar dari debu, matikan AC, hindari asap rokok.
  7. Pelukan Mama. Skin to skin contact sering memberikan hasil yang luar biasa. Pelukan ibu yang menghangatkan dan menenangkan akan membuat anak nyaman. Dan tentu saja akan berefek baik bagi penyembuhannya.
Home treatment ini sering memberikan hasil yang memuaskan, tetapi sebagai ibu yang smart, mommies harus tahu kapan anak ini perlu bantuan tenaga kesehatan. Ketika demam yang sangat tinggi, batuk yang memburuk, timbul sesak, anak menjadi sangat rewel, lemas atau keluhan lain yang perlu pertolongan ahlinya. Sebagai ibu yang baik kita pasti tahu kapan 'sirine' atau peringatan untuk mencari bantuan itu datang, jadi tak ada salahnya menghubungi dokter. Namun, selagi insting mommies berkata 'aman', home treatment boleh menjadi soulsi. Semoga bermanfaat ^_^

No comments:

Post a Comment